• home
Home » » Membumikan Matematika Terapan

Membumikan Matematika Terapan


Prof Dr Stephen Roberts dari Australian National University saat menjadi keynote speaker dalam acara ICAME 2015 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

YOGYAKARTA - Bagi orang kebanyakan, matematika selalu identik dengan hal-hal yang berbau “rumit” dan membosankan. Jarang ada yang tahu jika dengan matematika kita bisa memprediksikan dampak dan risiko tsunami. 
Prof dr Stephen Roberts dari Australian National University Australia memaparkan tentang matematika terapan di hadapan ratusan peserta The 2015 International Conference on Ma thematics, its Applications, and Mathematics Education (ICMAME), kemarin. Menurut Prof Stephen, persoalan dam pak banjir, prediksi cuaca atau tsunami menjadi beberapa contoh fenomena lingkungan yang bisa disimulasikan dan dimo delkan dengan memanfaatkan ilmu matematika terapan. 



De ngan prediksi seperti ini, risiko dan dampak yang bisa diketahui sebelum bencana terjadi tentu dapat meminimalisasi korban maupun kerugian material. “Kami ingin matematika bisa membumi. Banyak yang bisa kita lakukan dengan ilmu matematika,” ujar Kepala Prodi Matematika Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta Hartono PhD, kemarin.
Menurut Hartono, acara semacam ini baru pertama kali digelar di USD. Selain dari Australia, dalam acara ini juga didatangkan profesor dari Jerman. Selama dua hari, mereka akan memaparkan tentang matematika terapan di hadapan 200-an peserta seminar. Tak hanya dari Indonesia, para peserta juga berasal dari luar negeri seperti, Filipina, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Brasil, dan lain sebagainya. 
“Kami bertukar pikiran, bangun jaringan diskusi tentang penelitian dan lain sebagainya,” katanya. Hartono mengakui, banyak sekali manfaat dari ilmu matematika terapan. Selain untuk memprediksi dampak bencana alam, ilmu matematika terapan juga bisa digunakan dalam hal aplikasi medis, seperti radioterapi kanker. “Kami ingin matematika punya wajah baru. Tak lagi dianggap sesuatu yang angker. 
Kami ingin matematika membumi, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. Salah seorang peserta, Dwi Wahyuono mengatakan, baginya matematika terapan memang bukan hal yang baru. Guru SMP Pangudi Luhur, Srumbung, Magelang mengaku, selama ini dalam mengajar dirinya selalu berusaha memberikan pemahaman kepada siswa. 
“Saya dalam mengajar selalu berusaha memberikan contoh aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Harapan saya, siswa tidak lagi menganggap matematika sesuatu yang angker,” ujarnya Peserta yang lain, Happy Christianti mengaku, banyak hal baru yang dia dapat dalam acara tersebut. 
“Saya sering ikut seminar-seminar. Matematika terapan bukan sesuatu yang asing bagi saya. Namun soal matematika bisa untuk memprediksikan tsunami dan sebagainya, saya baru dapat dalam seminar ini,” ujarnya. Happy berharap, ke depan acara-acara semacam ini lebih sering diselenggarakan lagi. “Banyak ilmu yang kami dapat dalam acara seperti ini,” ucap Andreas, peserta lainnya.

Sumber : www.koran-sindo.com
alat peraga Artikel ARTIKEL ISLAMI ARTIKEL MATEMATIKA ARTIKEL PENDIDIKAN Bahan untuk belajar Bahasa Indonesia 7 bank soal barisan aritmatika Beasiswa berita matematika berita pendidikan Bilangan Biologi 7 bse matematika BTA Matematika UN 2014 Buku SMP Kurikulum 2013 cara menghitung cepat Cerita Cita data ppdb tgl 24 Excel Formula Matematika game matematika Hokkaido Mathematical Journal INFO PPDB 2013 INFORMASI PENDIDIKAN IPS 8 It Slices It Dices jadwal ujian nasional Kelas 7 Kelas 8 Kisi-kisi UAS 2012 Kisi-kisi UAS Ganjil 2012 Kisi-kisi UKK 2013 KUIS MATH 9 Kumpulan soal-soal Matematika kelas IX Kunci Jawaban KUNCI JAWABAN DAN SEBARAN TUKPD I 2013 kurikulum 2013 Latihan Latihan soal UN LATIHAN TO UN 2013 Latihan UAS Kelas 8 latihan UAS kelas IX Latihan UAS Matematika 9 LATIHAN UAS MATH IX logaritma matematika Matematika 7 matematika sd matematika smp materi Bangun ruang sisi lengkung materi matematika Materi Matematika kelas IX-SMP materi matematika smp Menghtiung Modul Matematika MODUL PM UN 2013 PAI 7 Pengumuman UN 2013 Peringkat UN SMAN DKI Jakarta 2013 php PPDB Jakarta 2013 PROGRAM UN 2013 M2C PSB SMA Negeri Unggulan DKI Jakarta rangkuman RPP matematika Rumus rumus matematika sd kelas 3 sd kelas 4 sd kelas 5 sd kelas 6 segitiga pascal Seri Latihan Soal UN 2010 silabus matematika SKL UJIAN NASIONAL Skripsi SMA SMA kelas 10 SMA kelas 12 SMP smp kelas 7 smp kelas 8 smp kelas 9 SMPN 252 SOAL soal dan pembahasan SOAL DAN PEMBAHASAN UN soal matematika soal try out SOAL TRY OUT MATEMATIKA SMP 2011 soal ujian akhir semester soal UN SOAL UN 2012 UNTUK SMP SOAL UN MATEMATIKA 2011 SOFTWARE statistika matematika teka teki matematika teknik Teori The Asian Journal of Mathematics The Sea of Mathematics tips belajar matematika TOKOH trigonometri Try Out UN 2011 tutorial Ujian Ujicoba UN 2010 UN 2010 UN 2011 Utak - atik Video
Powered by Blogger.