• home
Home » » Motivasi dalam belajar Matematika

Motivasi dalam belajar Matematika


untuk bisa memahami pelajaran matematika kunci yang paling penting yaitu  "MAU"
Karena "Jika anda Mau pasti akan mampu".dan "PERCAYA DIRI" percaya bahwasanya kepada diri kita sendiri bahwa kita bisa. 

Matematika itu mudah tapi jangan di permudah

pada hakikatnya kecerdasan dan kejeniuan manusia itu sama yang membedakan adalah usaha mereka, usaha itu ibarat klo umpama kita melempar sesuatu ke dinding, semakin kuat kita melempar ke dinding maka semakin kuat pula pantulannya kembali kepada kita, tapi bayangin jika kita melempar tanpa tenaga dan usaha boro boro bisa mantul adanya kena aja juga mungkin tidak. faham gak hehehe sedikit belajar logika...??? intinya begini "sebesar usaha kita maka sebesar itu pulalah keuntungan yang kita dapatkan" 

Firman Allah di dalam surat Al-Isro' ayat 7:

 إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا



sedikit cerita ketika saya ingin mengajarkan kepad anak anak matematika dan tersendat dengan satu soal yang tidak bisa saya pecahkan... lantas saya tak bisa dengan mudahnya diam dan menyerah begitu saja... saya baca berkali2 sampai melekat dan coba terus.. tapi ternyata hasilnya nihil.. masih belum terpecahkan juga, akirnya saya iget pepatah "malu bertanya sesat dijalan" yang paling saya takutkan itu klo saya bisa kemudian salah... kan bahaya mengajarkan kesalahan bisa jadi dosa yang mengalir, saya coba tuk bertanya kepada siapasaja yang bisa, kebetulan saya bertemu dgn orang yang jauh di bawah saya... ternyata tak saya duga dia menjawab dengan cepat dan tepat... subhanallah akhirnya saya penasaran lantas saya bertanya "kok bisa sih?" dia menjawab dengan ringan dan mudahnya "sebenarnya matematika itu mudah kok, cuma kita aja yang menganggap susah, cuma angaka 1 sampai 9 ditambah 0 tok, di puter puter di bolak balik doang"

disini saya dapat pelajaran, ternyata itu semua tergantung cara pandang kita, kalau kita menganggap mudah insya'allah akan dimudahkan, tapi kalau kita menganggap sulit niscaya kita akan kesulitan juga, modal pertama untuk belajar matematika ialah mencintainya memahami kepentingannya dlu, "orang penting itu yang mengaggap segala sesuatu yang kecil dan di remehkan orang menjadi penting" klo kita sudah merasa senag
 pasti akan ada kemauan, dan semakin penasaran.

alfarobi mengatakan: "untuk mempelajari filsafat itu harus mendalami dan mengusai matematika dulu" tau sendiri kan bahwa ilmu filsafat ialah termasuk urutan ilmu tertinggi, jadi 

ada juga yang mengatakan: 

"matematika itu hanya permainan angka 0 sampai 9 yang dioperasikan dengan tombol + - x :"
klo aku mengatakan 
"matematika itu mudah bila kita mau, membosankan bila menganggap ia sbg pelajaran, dan seru jika mengganggap sbg tantangan sehingga terdorong tuk menyelesaikan, benci bila ada yg mengatakan 'MAkin TEkun MAkin Tak KAruan'
ada cerita juga "ketika ada anak kecil mampu menulis buku matematika sendiri, dan banyak orang bertanya "kok bisa sih" 
dia menjawabnya cukup simple "merubah cara berfikir", 

aku baru tahu dulu sempet bingung ketika belajar matematika ditanya: "buat apa belajar matematika yang rumit2 apa gunanya kayak aljabar dll" ternyata jawabya matematika adalah belajar berfilsafat.

inti belajar matematika adalah untuk memudahkan dalam berfikir dalam setiap pelajaran dan pekerjaan, karena kita diajari untuk menyelesaikan setiap latihan.
  
kalau seandainya kita belajar pelajaran selain matematika itu mengajari kita menjadi pandai, tapi klau matematika mengajari orang untuk menjadi jenius"

 Dalam matematika, pertama harus ada minat, kedua harus pakai otak, mesti tidak bisa mengerjakan soal, tidak apa-apa karena anak pasti jadi semakin pintar dengan terus memakai otak

ada juga metode belajar matematika:

1.  “metode coba-coba” adalah metode belajar alamiah, menggairahkan semangat belajar, penuh penemuan baru, kekagetan dan kepuasan berpikir . Dengan metode coba-coba, kita tidak stres, karena kita berinisiatif sendiri, dengan menggunakan insting alamiah untuk mempelajari sesuatu. kita akan tetap suka matematika. Kelemahannya adalah: terlalu makan waktu, Namaun,  waktu bukan masalah jika tujuannya memupuk logika matematika yang sesungguhnya.
Sebenarnya untuk memecahkan masalah soal matematika, pengetahuan yang diperlukan hanyalah bilangan bulat, pecahan, penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian bilangan desimal. . Matematika bukanlah pelajaran untuk berhitung cepat, melainkan kemampuan menyusun angka sambil memutar otak (logika).

2.  “Metode menghapal urutan cara” lebih banyak dipilih karena hemat waktu, apalagi jika banyak PR dan ujian lain. Tetapi metode ini berbahaya. Metode ini tidak mensimulasi otak dengan benar sehingga membosankan, cepat lupa, tidak menumbuhkan kemampuan berlogika, urutan cara lama tidak bisa diterapkan jika soal berubah sedikit saja.
Sampai akhir, kita harus menggunakan metode coba-coba, bukan hapal cara. Hanya dengan coba-coba sendiri dulu sampai bisa, kita akan mengerti arti penjelasan guru, dan akan lebih terkesima saat dia diperkenalkan dengan cara yang lebih efesien.

intinya:
- semua orang pada dasarnya adalah cerdas dan suka belajar matematika
- dan semua orang bisa belajar dan tumbuh sendiri tanpa diajari
- Orang tua dan guru mengganggu proses belajar anak-anak dengan penjelasan berlebihan tentang matematika dan perintah-perintah untuk belajar.
alat peraga Artikel ARTIKEL ISLAMI ARTIKEL MATEMATIKA ARTIKEL PENDIDIKAN Bahan untuk belajar Bahasa Indonesia 7 bank soal barisan aritmatika Beasiswa berita matematika berita pendidikan Bilangan Biologi 7 bse matematika BTA Matematika UN 2014 Buku SMP Kurikulum 2013 cara menghitung cepat Cerita Cita data ppdb tgl 24 Excel Formula Matematika game matematika Hokkaido Mathematical Journal INFO PPDB 2013 INFORMASI PENDIDIKAN IPS 8 It Slices It Dices jadwal ujian nasional Kelas 7 Kelas 8 Kisi-kisi UAS 2012 Kisi-kisi UAS Ganjil 2012 Kisi-kisi UKK 2013 KUIS MATH 9 Kumpulan soal-soal Matematika kelas IX Kunci Jawaban KUNCI JAWABAN DAN SEBARAN TUKPD I 2013 kurikulum 2013 Latihan Latihan soal UN LATIHAN TO UN 2013 Latihan UAS Kelas 8 latihan UAS kelas IX Latihan UAS Matematika 9 LATIHAN UAS MATH IX logaritma matematika Matematika 7 matematika sd matematika smp materi Bangun ruang sisi lengkung materi matematika Materi Matematika kelas IX-SMP materi matematika smp Menghtiung Modul Matematika MODUL PM UN 2013 PAI 7 Pengumuman UN 2013 Peringkat UN SMAN DKI Jakarta 2013 php PPDB Jakarta 2013 PROGRAM UN 2013 M2C PSB SMA Negeri Unggulan DKI Jakarta rangkuman RPP matematika Rumus rumus matematika sd kelas 3 sd kelas 4 sd kelas 5 sd kelas 6 segitiga pascal Seri Latihan Soal UN 2010 silabus matematika SKL UJIAN NASIONAL Skripsi SMA SMA kelas 10 SMA kelas 12 SMP smp kelas 7 smp kelas 8 smp kelas 9 SMPN 252 SOAL soal dan pembahasan SOAL DAN PEMBAHASAN UN soal matematika soal try out SOAL TRY OUT MATEMATIKA SMP 2011 soal ujian akhir semester soal UN SOAL UN 2012 UNTUK SMP SOAL UN MATEMATIKA 2011 SOFTWARE statistika matematika teka teki matematika teknik Teori The Asian Journal of Mathematics The Sea of Mathematics tips belajar matematika TOKOH trigonometri Try Out UN 2011 tutorial Ujian Ujicoba UN 2010 UN 2010 UN 2011 Utak - atik Video
Powered by Blogger.