• home
Home » , » Materi PAI Kelas 7 Bab III

Materi PAI Kelas 7 Bab III

ASMA’UL KHUSNA

Selain sifat-sifat Allah yang dibahas pada bab sebelumnya, Allah masih mempunyai sifat-sifat yang lain yang sebagian terkandung di dalam asma’ul khusna.

Asma’ul khusna terdiri dari 99 nama Allah, namun yang akan dibahas dalam bab ini 10 yaitu:

1.      أزِزٌ Aziz.
Aziz artinya maha perkasa, tak ada satu kekuatan pun yang mampu menandingi kekuatan Allah. Laa Haula Walaa Quwata Ilabillah.
Kiranya hanya Allah yang memiliki kekuatan dan semua makhluk akan lemah tanpa ada kekuatan darinya.
Keperkasaannya mampu menegakkan langit dan bumi dan planet-planet lainnya.

2.      وَحَبٌّ Wahab.
Wahab artinya maha pemberi, bahwasannya setiap makhluk butuh pertolonganNya dan Allah maha pemberi pertolongan pada setiap hamba yang memohon.

3.      فَتَحٌ Fatah.
Fatah artinya Allah maha pembuka, maksudnya Allah akan menyelesaikan atau membukan semua permasalahan yang dihadapi selama ia mau berusaha menyelesaikannya dengan baik / bijak dan diiringi dengan do’a.

4.      قَيُّمٌ Qoyum.
Qoyyum artinya maha berdiri sendiri, maksudnya keberadaan Allah adalah mutlak ada dengan sendirinya, tidak ada yang mengawali dan tidak ada yang mengakhirinya. Allah tidak mengantuk dan tidak pula tidur sehingga Allah akan selalu ada dengan tidak mengenal lelah atau letih selamanya.

5.      هَدِيٌّ Hadi.
Hadi artinya maha pemberi petunjuk, petunjuk Allah akan dirasakan hambaNya apabila hamba tersebut berkenan mematuhi hukum-hukumNya, hukum tersebut tentu meliputi perintah dan larangan sebagaimana yang banyak ditemukan di dalam firmanNya serta melalui hadist-hadist rosululloh.

6.      هَكَمٌ Hakim.
Hakim artinya yang maha menetapkan hukum dan hukum itu mutlak untuk semua makhluk. Contohnya semua makhluk hidup pasti akan mati, maka tak ada satu pun yang bisa lari dari kematian.

7.      عَدْلِلٌ Adil.
Allah maha adil, keadilan Allah mutlak untuk semua makhlukNya meskipun terkadang makhluk tersebut merasa tidak mendapat keadilan, hal ini terjadi karena ia belum memiliki kesadaran yang sebenarnya.

8.      خَابِيْرٌ Khobir.
Khobir dan akbar artinya Allah maha besar. kebesaran Alloh meliputi seluruh ciptaanNya.

9.      تَوَّابٌ Tawwab.
Tawwab artinya Alloh maha menerima taubat, taubat yang dilakukan oleh hambaNya selama ia bertaubat dengan kesungguhan, tidak mengulangi kesalahan tersebut.

10.  حَامِيْدٌ Hamid.

Hamid artinya maha terpuji, maksudnya hanya Allah saja yang layak untuk dipuji, disanjung atas segala kuasaNya.
alat peraga Artikel ARTIKEL ISLAMI ARTIKEL MATEMATIKA ARTIKEL PENDIDIKAN Bahan untuk belajar Bahasa Indonesia 7 bank soal barisan aritmatika Beasiswa berita matematika berita pendidikan Bilangan Biologi 7 bse matematika BTA Matematika UN 2014 Buku SMP Kurikulum 2013 cara menghitung cepat Cerita Cita data ppdb tgl 24 Excel Formula Matematika game matematika Hokkaido Mathematical Journal INFO PPDB 2013 INFORMASI PENDIDIKAN IPS 8 It Slices It Dices jadwal ujian nasional Kelas 7 Kelas 8 Kisi-kisi UAS 2012 Kisi-kisi UAS Ganjil 2012 Kisi-kisi UKK 2013 KUIS MATH 9 Kumpulan soal-soal Matematika kelas IX Kunci Jawaban KUNCI JAWABAN DAN SEBARAN TUKPD I 2013 kurikulum 2013 Latihan Latihan soal UN LATIHAN TO UN 2013 Latihan UAS Kelas 8 latihan UAS kelas IX Latihan UAS Matematika 9 LATIHAN UAS MATH IX logaritma matematika Matematika 7 matematika sd matematika smp materi Bangun ruang sisi lengkung materi matematika Materi Matematika kelas IX-SMP materi matematika smp Menghtiung Modul Matematika MODUL PM UN 2013 PAI 7 Pengumuman UN 2013 Peringkat UN SMAN DKI Jakarta 2013 php PPDB Jakarta 2013 PROGRAM UN 2013 M2C PSB SMA Negeri Unggulan DKI Jakarta rangkuman RPP matematika Rumus rumus matematika sd kelas 3 sd kelas 4 sd kelas 5 sd kelas 6 segitiga pascal Seri Latihan Soal UN 2010 silabus matematika SKL UJIAN NASIONAL Skripsi SMA SMA kelas 10 SMA kelas 12 SMP smp kelas 7 smp kelas 8 smp kelas 9 SMPN 252 SOAL soal dan pembahasan SOAL DAN PEMBAHASAN UN soal matematika soal try out SOAL TRY OUT MATEMATIKA SMP 2011 soal ujian akhir semester soal UN SOAL UN 2012 UNTUK SMP SOAL UN MATEMATIKA 2011 SOFTWARE statistika matematika teka teki matematika teknik Teori The Asian Journal of Mathematics The Sea of Mathematics tips belajar matematika TOKOH trigonometri Try Out UN 2011 tutorial Ujian Ujicoba UN 2010 UN 2010 UN 2011 Utak - atik Video
Powered by Blogger.